Dampak Media Terhadap Masyarakat

Secara perlahan namun pasti, media mengalami perubahan secara dramatis, baik dalam hal peran maupun jenisnya. Dalam masyarakat peran media sebagai institusi edukatif lambat laun bergeser menjadi institusi produktif. Hal ini dikarenakan perubahan sosial yang begitu cepat serta tuntutan-tuntutan dari para penanam modal. Beragamnya selera konsumen juga ikut mempengaruhi media dalam menampilkan acara-acara yang dominan disukai serta untuk memenangi persaingan di dunia industri media. Akibatnya media kehilangan idealismenya sebagai saluran penyampai berita.

Dampak Media

  1. Perubahan yang dihadapi media memberikan wajah ganda bagi industri media. Di satu sisi media dianggap sebagai agen perubahan, namun disisi lain media juga berperan sebagai agen perusak. Hal ini bisa kita saksikan dengan munculnya kasus-kasus dimana seseorang atau suatu lembaga menjadi merasa terganggu dengan adanya pemberitaan di media yang cenderung menimbulkan sensasi-sensasi baru.
  2. Demi mengejar rating dan popularitas, kinerja media sebagai penyalur berita pada akhirnya hanya menampilkan siaran murahan yang disukai oleh pemirsanya. Akibatnya media kehilangan peran pentingnya sebagai sarana yang mencerdaskan bangsa, sehingga tidak berani menampilkan acara-acara baru. Sebaliknya media acapkali menampilkan acara-acara dan informasi yang tidak bermutu.

Dampak Masyarakat

  1. Sebagai industri yang menuruti kemauan dari para pemimpin modal, masyarakat tidak bisa menuntut tayangan-tayangan baru yang lebih bersifat edukatif. Masyarakat hanya bisa menerima acara-acara yang tidak bermutu.
  2. Media juga sangat berperan dalam menanamkan nilai-nilai baru dan membangun pandangan-pandangan bagi para pemirsanya. Masalahnya adalah ketika media malah memberikan tayangan-tayangan yang tak layak tampil.

Daftar Pustaka

Bungin, Burhan., Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana, 2006.

About Depeholic

Saya selalu mencoba-coba menemukan informasi baru dalam dunia ini... saya sangat menyukainya apapun bentuknya, sebab pengetahuan akan mendewasakan saya pada waktunya. Lihat semua pos milik Depeholic

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: