NABI ELISA

Siapakah Elisa?
Elisa berasal dari kata Ibrani atau kata Yunani “Eleseus” yang berarti  “Allah itu Juruselamat”. Ia dipanggil demi menggantikan Elia dalam melanjutkan tugas pelayanannya di Kerajaan Utara. Ayah Elia bernama Safat dari Abel-Mehola. Mereka tinggal di lembah Yordan.  Sebagai seorang anak petani, Elia sangat giat bekerja di ladang. Allah memanggil Elia sejak masih muda dan ia mengakhiri pengabdiannya sebagai nabi kurang lebih pada usia 90 tahun.

Elia dan Elisa memiliki kisah panggilan dan pelayanan yang mirip. Mereka dipilih Tuhan secara luar biasa. Hal ini dapat dilihat dari mukjizat dan kisah-kisah yang dilakukan oleh kedua Nabi ini. Elisa juga seseorang yang peduli dengan persoalan-persoalan yang terjadi dalam masyarakat. Sebagian besar kisah mengenai Elisa yang diceritakan di Alkitab adalah segala bentuk pelayanannya kepada Tuhan yang ditunjukkan ke dalam berbagai mukjizat dan nubuat-nubuatnya.

Karakter Elisa
Ulet
Elisa dikatakan sebagai seorang pertani yang ulet karena ia memiliki etos kerja yang baik. Mental Elia yang kuat telah membentuknya menjadi pribadi yang tangguh. Sekalipun ia seorang petani, namun ia telah dipakai Allah secara luar biasa.
Berserah penuh
Ketika Elia memanggil Elisa untuk menggantikannya, ia tidak mengucapkan satu katapun. Baginya, pelemparan jubah Elia saja sudah cukup mewakili panggilan Tuhan untuk menggantikan tugas kenabian Elia. Dengan spontan ia menyerahkan dirinya untuk menjalankan tugasnya sebagai nabi yang dipilih Allah.
Rindu diperlengkapi secara rohani
Sebagai Abdi Allah yang bertugas melayani Bangsa Israel, Elisa lebih memerlukan perlengkapan rohani dari apapun. Ia memerlukan urapan Tuhan supaya bisa menghadapi banyak tantangan dan melayani secara penuh. Inilah yang merupakan rahasia dari keberanian Elisa menjalankan tugas-tugasnya sebagai nabi.
Dapat dipercaya
Sebagai seorang Abdi Allah yang setia, ternyata Elisa dapat dipercaya oleh Bangsa Israel. Nyatanya mukjizat-mukjizat serta ucapan-ucapannya terbilang manjur, walaupun sepertinya sangat mustahil terjadi.
Menyerahkan seluruh hidupnya untuk melayani
Dalam hidupnya, Elisa tidak saja menjadi abdi Allah demi Kerajaan Utara, tetapi juga bagi orang-orang yang percaya kepada Allah. Hatinya selalu terbuka kepada siapa saja yang membutuhkan pertolongannya dan ia menolong sesuai dengan kebutuhan orang tersebut.


Mempertahankan integritasnya

Ketika seorang panglima tentara Aram bernama Naaman memberikan persembahan kepadanya karena penyakit kusta yang dideritanya sembuh, Elisa menolak. Ia merasa mukjizat yang dilakukannya adalah karena kuasa Tuhan semata.
Optimis
Dalam menghadapi suatu peristiwa yang kristis, Elisa mempercayakan keselamatannya kepada Tuhan. Ia optimis bahwa Tuhan menyertai dia. Maka, bukannya takut, ia malah menghadapinya dengan sikap yang tenang.
Ikut terlibat dalam urusan pemerintahan
Tugas yang dipegang Elisa ternyata tidak hanya melayani masyarakat, tetapi juga kalangan pemerintahan. Seperti Raja Ahab, Ahazia, Yoram, Yehu, Yoahas, dan Yonas. Elisa bertanggung jawab memberikan nasihat, ancaman, jalan keluar, masalah-masalah, dan mengusulkan keputusan yang hendaknya diambil oleh Bangsa Israel. Selain itu ia juga menjadi tangan kanan Tuhan untuk menyatakan kehendak Allah.

Hidup Elisa
Sepanjang masa pelayanan Elisa sebagai nabi, tidak ditemukan satupun kisah yang mencemarkan namanya. Bahkan karena keterlibatannya, Bangsa Israel dapat menghindari banyak malapetaka. Bahkan pada akhir hidupnya, ia mendapatkan perhatian penuh dari Raja Yoas. Memang ia tidak saja melayani masyarakat, tetapi juga para petinggi Negara. Hal ini membuktikan bahwa kehidupannya yang benar dan hatinya yang tulus sebagai nabi.

Satu hal lagi yang penting dalam hidup Elisa adalah komitmennya untuk melayani Allah saja. Komitmen ini yang membuat ia berhasil menghadapi raja-raja Israel dan segala permasalahannya. Elisa selalu tampil sebagai penasihat dan pengayom negara, baik dalam urusan politik, maupun dalam urusan ekonomi.  Kisah panggilannya yang tidak mengucapkan satu katapun adalah bukti bahwa sebenarnya ia telah menyatakan komitmennya yang luar biasa dan bersumber dari hatinya yang paling dalam.

About these ads

About Depeholic

Saya selalu mencoba-coba menemukan informasi baru dalam dunia ini... saya sangat menyukainya apapun bentuknya, sebab pengetahuan akan mendewasakan saya pada waktunya. Lihat semua pos milik Depeholic

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: